Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) prodi adalah rumusan kompetensi yang diharapkan dicapai oleh lulusan program studi yang menjadi Standar Kompetensi Lulusan (SN Dikti, Permendikbud No. 3 Tahun 2021). Capaian pembelajaran dari Program Studi Sistem Informasi Fakultas MIPA Unhas dikelompokkan menjadi 4 (empat), yaitu: (1) sikap, (2) keterampilan umum, (3) pengetahuan dan (4) keterampilan khusus. Rumusan Capaian Pembelajaran Program Studi Sistem Informasi ditunjukkan pada dimana Ranah sikap terdiri dari 2 point, Ranah Pengetahuan terdiri dari 2 point, Ranah Keterampilan Umum terdiri dari 2 point, dan Ranah Keterampilan Khusus terdiri dari 3 point dimana pemilihan Ranah ini berdasarkan Panduan Kurikulum berbasis OBE/KKNI/SKKNI APTIKOM 2022. 

Ranah
Kode
Rumusan CPL
Sumber
Sikap
S-1
Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
SN-DIKTI
S-2
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
SN-DIKTI
Pengetahuan
P-1
Mampu memahami, menganalisis, dan menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data dan memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi.
IS2020 A3.1 Foundations Competency Realm
P-2
Mampu memahami dan menjelaskan metodologi pengembangan sistem informasi mulai dari pengembangan sistem berorientasi objek, software development life cycle (SDLC), dan pengembangan agile
IS2020 A.3.4.1 Competency Area - System Analysis and Design
Keterampilan Umum
KU-1
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
SN-DIKTI
KU-2
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
SN-DIKTI
Keterampilan Khusus
KK-1
Mampu menerapkan dasar logika, prinsip matematika, ekspresi, aspek modular, linearitas dan non-linearitas struktur data pada pemrograman perangkat lunak.
IS2020 A3.4.2 Competency Area - Application Development and Programming
KK-2
Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang.
IS2020 A3.5.2 Competency Area – IS Management and Strategy,
KK-3
Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi
ASIIN SSC-07 Business Informatics / Information Systems
Scroll to Top